PERAN GURU DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU BULLYING DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

TYAS PUJI LESTARI, 17201153020 (2019) PERAN GURU DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU BULLYING DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meminimalisir Perilaku Bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Tyas Puji Lestari, NIM. 17201153020, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Peran Guru, Perilaku Bullying. Peran guru sangat diperlukan dalam meminimalisir perilaku bullying. Seorang guru pada proses meminimalisir perilaku bullying tentunya membutuhkan berbagai macam program yang dianggap mampu dalam menangani kasus bullying, sehingga tujuan penanganan perilaku bullyingdapat terpenuhi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang peran guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Darul Huda Wondodadi Blitar? (2) Bagaimana peran guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonoda Blitar? (3) Bagaimana hambatan yang dialami guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk bullying yang terjadi adalah bullying verbal yang mengandalkan penggunaan kata-kata atau bahasa untuk menyerang targetnya. (2) Peran guru dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar yakni melakukan bimbingan dan konseling, memberikan bimbingan kuratif dan preservative, serta melakukan peer mentoring saat proses pembelajaran, juga melakukan kerjasama dengan pendidik dan orang tua peserta didik, serta melakukan monitoring kegiatan peserta didik melalui kegiatan keagamaan. (3) Hambatan guru dalam meminimalisir perilaku bullying disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari peserta didik itu sendiri yakni karakter siswa yang berbeda-beda ada yang introvert dan ada yang ekstrovert. Sedangkan faktor eksternal yakni dari keluarga ataupun lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153020 TYAS PUJI LESTARI
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:03
Last Modified: 18 Nov 2019 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item