ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS MASALAH DI SMPN 2 GONDANG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

TAQWIMATUL KHUSNA, 17204153170 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS MASALAH DI SMPN 2 GONDANG PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Di SMPN 2 Gondang Pada Materi Teorema Pythagoras” ini ditulis oleh Taqwimatul Khusna, NIM. 17204153170, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Teorema Pythagoras Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika serta kemampuan penalaran siswa yang masih cenderung rendah dalam memecahkan masalah matematika. Siswa masih kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang telah dikerjakan serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal seharusnya kemampuan penalaran sangat dibutuhkan ketika siswa memecahkan suatu permasalahan, karena dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gondang berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu, (1)siswa dengan kemampuan tinggi, (2)siswa dengan kemampuan sedang dan (3)siswa dengan kemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gondang. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki dengan menggunakan 2 butir soal uraian yang berbentuk pemecahan masalah. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang diikuti 6 siswa dari 27 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argument. (2) Siswa yang berkemampuan sedang memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan suatu argumen. (3) Siswa yang berkemampuan rendah memenuhi indikator mengajukan dugaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153170 TAQWIMATUL KHUSNA
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:36
Last Modified: 18 Nov 2019 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item