PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK 2018/2019

Rizqi Baharuddin, 17201153384 (2019) PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Realitas yang terjadi bahwasannya pemanfaatan media audio visual digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan media audio visual, maka materi pembelajaran dapat tersampaikan secara lebih mudah. Selain itu pemanfaatan media audio visual dalam materi pembelajaran akan dapat membuat siswa lebih fokus untuk belajar dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits. Tetapi berdasarkan hasil penelitian yang ada, pemanfaatan media audio visual ini tidak dimanfaatkan dalam setiap materi pembelajaran. walaupun penggunaannya masih dalam taraf rendah, akan tetapi dengan adanya pemanfaatan media audio visual tersebut telah dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pelajaran Al-qur’an Hadits. Adapun fokus penelitian skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagamianakah Peran Guru Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? 2) Bagaimanakah Dampak Positif Dan Negatif Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek? 3) Bagaimanakah Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? Tujuan penelitian skripsi ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? 2) Untuk mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek? 3) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI di MAN 1 Trenggalek ? Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Analisis data yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Langkah terakhir metode penelitian adalah: pengecekan keabsahan data hasil penelitian. Berdasarkan pembahasan dari data hasil penelitian tentang peran guru dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits di MAN 1 Trenggalek tahun ajaran 2018/2019, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:1)Peran guru dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits di MAN 1 Trenggalek, diantaranya adalah : a) Sudah dimanfaatkan dengan baik, Tetapi tidak semua materi pelajaran Al-qur’an Hadits dapat disampaikan dengan media audio visual. Jika ingin menggunakan media ini harus menyesuaikan materinya dulu. b) Perlu dipersiapkan sarana pendukungnya. Sarana pendukung tersebut dapat berupa file materi pembelajaran c) Kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran didalam kelas. 2) Dampak Positif dan Negatif Peran Guru Dalam Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Xl Di MAN 1 Trenggalek, diantaranya adalah Dampak positif seperti a) Memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada anak. b) Membuat pelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa. Dan dampak negative seperti a) Ketika terselip animasi yang menarik siswa-siswi cenderung lebih memperhatikan animasi daripada maeri pelajaran. b) guru yang terlalu mengandalkan media audio visual dan tidak menerangkan materi pembelajaran. 3) Faktor Pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam pembelajaran al-qur’an hadits kelas Xl di MAN 1 Trenggalek antara lain yaitu faktor pendukung media ini terdiri dari : a) Peralatan media yang tersedia di sekolah. b) Adanya gendset Sa’at mati lampu masih bisa nyala. c) Mudah dipahami ketika pembelajaran berlangsung. d) Siswa lebih senang ketika pembelajaran akidah akhlak didalam kelas. Dan faktor penghambat terdiri dari : a) Kemampuan Guru dalam mengoperasikan peralatan audio-visual sebagai media pembelajaran. b) Belum tersedianya perangkat audio visual disemua kelas. c) Tidak semua materi bisa menggunakan media audio vsiual. d) menyita waktu didalam kelas karena habis untuk mempersiapkan media audio visual yang akan digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153384 Rizqi Baharuddin
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:58
Last Modified: 22 Nov 2019 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item