PENGARUH PENGGUNAAN JARIMATIKA DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN 6 SAMPAI 9 KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI

ANWARUDIN, 12505174002 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN JARIMATIKA DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN 6 SAMPAI 9 KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Anwarudin. 2017. Pengaruh Penggunaan Jarimatika dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Perkalian 6 sampai 9 Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, Program Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing: (1) Dr. Muniri, M.Pd (2) Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd Kata kunci: Jarimatika, Media Pembelajaran, Prestasi Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru merupakan salah satu dari faktor ekstrinsik yang dapat memberikan pengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Seorang guru yang mempunyai kreativitas tinggi, mampu menggunakan media dengan baik dan mampu mengelola kelas yang bertujuan menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas berfungsi menunjang program pengajaran guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penggunaan jarimatika dengan dibekali motivasi mengelola kelas dan Penggunaan media yang baik merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru, dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan jarimatika (X1), penggunaan media pembelajaran (X2) dan prestasi belajar (Y) matematika perkalian 6 sampai 9 kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? 2) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan jarimatika (X1) terhadap prestasi belajar (Y) matematika perkalian 6 sampai 9 kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? 3) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar (Y) matematika perkalian 6 sampai 9 kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? 4) Adakah pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara penggunaan jarimatika (X1) dan penggunaan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar (Y) matematika perkalian 6 sampai 9 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Banyakan yang tersebar dalam 7 Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Berdasarkan data awal, populasi siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Banyakan sebanyak 157 siswa. Sampelnya adalah 73 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Banyakan. Teknik samplingnya adalah cluster random sampling. Hasil penelitian adalah 1) Penggunaan jarimatika (X1) menunjukkan kecenderungan sangat baik yaitu sebanyak 67 atau 92% responden memiliki Penggunaan jarimatika dengan kriteria sangat baik. Penggunaan media pembelajaran (X2) menunjukkan kecenderungan sangat baik yaitu sebanyak 73 atau 100% responden memiliki Penggunaan media pembelajaran dengan kriteria sangat baik, sedangkan prestasi belajar (Y) siswa menunjukkan kecenderungan 65 atau 89% memperoleh kriteria baik hal ini menunjukkan prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa sebagian besar di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri telah mencapai ketuntasan yaitu lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan di sekolah yaitu dalam kriteria baik. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan jarimatika (X1) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran matematika materi perkalian 6 sampai 9 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dibuktikan dengan nilai tHitung > tTabel (9.780 > 1.994), 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran matematika materi perkalian 6 sampai 9 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dibuktikan dari nilai perolehan tHitung > tTabel (3.407 > 1.994), 4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan jarimatika dan penggunaan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran matematika materi perkalian 6 sampai 9 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dibuktikan dari nilai FHitung (176.498) > FTabel (3.130).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174002 ANWARUDIN
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:28
Last Modified: 21 Nov 2019 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item