ARTININGSIH WAHYU SUSILO, 17201153137 (2019) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 LENGKONG NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (549kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (169kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (248kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (151kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (377kB) |
Abstract
ABSTRAK Artiningsih Wahyu Susilo, 17201153137, 2019 “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing : Dr. Muhamad Zaini, M. A. Kata Kunci : Hypnoteaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pasifnya peserta didik saat proses pembelajaran, yang diakibatkan oleh kurangnya semangat dan motivasi belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa digunakannya metode pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk, 2) Menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk, 3) Menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogen. Teknik pengumpilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 5,690 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena t hitung > t tabel atau 5,690 > 2,042 dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 7,027 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena t hitung > t tabel atau 7,027 > 2,024 dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk yang ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai probability yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Lengkong Nganjuk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153137 ARTININGSIH WAHYU SUSILO |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:24 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13981 |
Actions (login required)
View Item |