PERAN USTADZ DAN USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB DI TPQ ALHIKMAH KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

ST ROHMATUN ZAIDAH, 17201153231 (2019) PERAN USTADZ DAN USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ARAB DI TPQ ALHIKMAH KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz dan Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Arab di TPQ Al Hikmah Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh St. Rohmatun Zaidah, NIM. 17201153231, Pembimbing Dr. Muhamad Jazeri, S.Ag, M.Pd. NIP. 196912042005011005. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al-Qur’an sangatlah penting, dan pembelajaran tersebut haruslah diawali sejak usia dini untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an, karena banyak ditemui remaja yang beragama islam yang menyebut Al-Qur’an sebagai pedoman ternyata kurang lancar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Bahkan ada yang tidak bisa membaca sama sekali, ini merupakan suatu kejadian yang harus di antisipasi oleh para pendidik, bagi orang tua maupun guru. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peran ustadz dan ustadzah sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019?. 2) Bagaimanakah peran ustadz dan ustadzah sebagai model dan teladan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019?. 3) Bagaimanakah peran ustadz dan ustadzah sebagai emansipator dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019?. 4) Bagaimanakah peran ustadz dan ustadzah sebagai penasehat dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019?. 5) Bagaimanakah peran ustadz dan ustadzah sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui peran ustadz dan ustadzah sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019. 2) Mengetahui peran ustadz dan ustadzah sebagai model dan teladan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019. 3) Mengetahui peran ustadz dan ustadzah sebagai emansipator dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019. 4) Mengetahui peran ustadz dan ustadzah sebagai penasehat dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019. 5) Mengetahui peran ustadz dan ustadzah sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Arab di TPQ al-Hikmah tahun 2018/2019. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah kualitatif. Dalam penyusunannya jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi dan pembahasan sejawat. Hasil dari penelitian yaitu, Peran ustadz dan ustadzah sebagai: 1) Pendidik melakukan tanggung jawab penuh baik dalam pembelajaran, memiliki standar mengajar, dan menjaga nama baik TPQ. 2) Model dan tauladan melakukan bersalam-salaman kepada sesama ustadzah, melakukan perilaku sopan dan mengucapkan tutur kata baik, dan memberikan contoh membaca dan menulis arab yang benar. 3) Emansipator melakukan pendampingan pada peserta didik yang belum bisa, memberikan kata-kata positif, dan menganggap santri sebagai sahabat. 4) Penasehat memberikan nasehat pada santri untuk belajar dan menyelesaikan masalah santri dengan memberikan saran yang membuat lebih giat belajar. 5) Evaluator melakukan penilaian harian yang hasilnya ditulis di kartu prestasi, melakukan penilaian akhir semester yang hasilnya di tulis di rapot, dan memiliki kriteria penilaian berupa penilaian kognitif dan penilaian afektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153231 st rohmatun zaidah
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:25
Last Modified: 06 Dec 2019 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item