Upaya Guru dalam Meningkatkan Akhlak Siswa melalui Penerapan Sanksi di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Shyfa, Fauziah (2012) Upaya Guru dalam Meningkatkan Akhlak Siswa melalui Penerapan Sanksi di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (38kB)
[img] Text
COVER SHYFA FAUZIAH.doc

Download (700kB)
[img] Text
SKRIPSI SHYFA FAUZIAH BAB I.doc

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI SHYFA FAUZIAH BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
SKRIPSI SHYFA FAUZIAH BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI SHYFA FAUZIAH BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
SKRIPSI SHYFA FAUZIAH BAB V.docx

Download (22kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Peningkatan Akhlak dan Penerapan Sanksi. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penerapan sanksi yang diterapkan untuk meningkatkan akhlak siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? 2) Apa hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? 3) Bagaimana hasil yang telah dicapai guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana metode yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. 2) Mengetahui apa hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. 3) Mengetahui bagaimana hasil yang telah dicapai guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman untuk upaya meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi sebagai pengajar. Bagi MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan akhlak siswa, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan interview. Observasi dilakukan guna mengetahui secara langsung kegiatan penerapan sanksi yang dilakukan oleh pihak guru selama ini. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang responden dan dokumen madrasah. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, maka penelitian ini menghasilkan: Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung berjalan cukup baik. Hal ini terlihat adanya usaha yang sungguh-sungguh dari pihak guru untuk mendidik siswanya agar bisa selalu mentaati tata tertib yang berlaku yang semuanya ditunjukkan dalam sebuah usahanya yaitu: 1) sanksi diterapkan secara kontinu yaitu dilakukan terus menerus setiap harinya agar siswa segera menyadari kesalahannya. 2) sanksi harus bersifat mendidik dan mempunyai efek jera agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang sama. Adapun faktor-faktor yang menghambat yaitu: 1) siswa yang merasa tidak setuju mendapatkan sanksi akan melakukan pembelaan terhadap dirinya dan ada juga yang melapor kepada orang tuanya. 2) adanya siswa yang sakit hati bahkan sampai menangis dan mengalami goncangan batin. 3) adanya siswa yang melakukan pelanggaran berulang-ulang yang membuat guru menjadi kesal. Adapun solusinya yaitu: 1) memberikan sanksi yang mendidik dan menggunakan pendekatan psikologis. 2) sanksi dapat memberikan efek jera dengan tidak melukai perasaan dan tanpa sentuhan fisik. 3) siswa yang mendapatkan sanksi harus tetap disayang dan tidak dijauhi. Hasil yang telah dicapai yaitu: 1) siswa melakukan perubahan yang positif setelah mendapatkan sanksi. 2) siswa dengan penuh kesadaran akan mematuhi tata tertib yang berlaku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2015 07:09
Last Modified: 27 Mar 2015 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item