PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SUB BAHASAN SISTEM PENCERNAAN TERHADAP PERSEPSI GAYA HIDUP SEHAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI-MIA DI MAN 4 JOMBANG

SIGMA MAULA KHOIRUNNA'IL, 17208153051 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SUB BAHASAN SISTEM PENCERNAAN TERHADAP PERSEPSI GAYA HIDUP SEHAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI-MIA DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Melalui Media Puzzle Terhadap Persepsi Gaya Hidup Sehat Dan Hasil Belajar Biologi Di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Sigma Maula Koirunna’il, NIM 17208153051 dibimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: metode Kooperatif tipe TGT, Persepsi Gaya Hidup Sehat,Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dalam pembelajaran biologi sangat membosankan dikarenakan guru masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa mengantuk dan bahkan tertidur, kurangtertarik terhadap materi yang bersifat hafalan, tingkat pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Melihat aktifitas belajar secara pengetahuan yang terbatas, hal ini berdampak pada kurangnya tingkat pengetahuan siswa pada pembelajaran biologidan akhirnya akan membuat siswa merasa jenuh. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh metode kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap persepsi gaya hidup sehat siswa kelas XI-MIA di MAN 4 Jombang. (2) Mengetahui pengaruh metode kooperatif tipe Team Games Tournamet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI-MIA di MAN 4 Jombang. (3) Mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Melalui Media Puzzle Pada Sub Bahasan Sistem Pencernaan Terhadap Persepsi Gaya Hidup Sehat dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI-MIA Di MAN 4 Jombang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di MA Negeri 4 Jombang tahun ajaran 2018/2019.Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan Soal-soal pretest postest. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang persepsi gaya hidup sehat. Sedangkan soal pretest dan postest untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) melalui media Puzzle pada sub bahasan sistem pencernaan terhadap persepsi gaya hidup sehat pada siswa kelas XI-MIA di MAN 4 Jombang. Hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2tailed)adalah 0.000, hal ini menunjukkan 0,000 lebih kecil dari 0.05, Artinya tidak ada varians antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan kata lain variasi data pada kedua kelompok adalah sama. Karena data homogen, maka arahkan membaca kolom Equal Variances Assumed. Terlihat bahwa ada perbedaan pada taraf 1 persen. Artinya kelompok eksperimen mempunyai perubahan yang signifikan. (2) Ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) melalui media Puzzle pada sub bahasan sistem pencernaan terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas XI-MIA di MAN 4 Jombang. Hasil uji t menunjukkan nilai Sig. (2tailed)adalah 0.000, hal ini menunjukkan 0,000 lebih kecil dari 0.05, Artinya tidak ada varians antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan kata lain variasi data pada kedua kelompok adalah sama. Karena data homogen, maka arahkan membaca kolom Equal Variances Assumed. Terlihat bahwa ada perbedaan pada taraf 1 persen. Artinya kelompok eksperimen mempunyai perubahan yang signifikan. (3) Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Melalui Media Puzzle Pada Sub Bahasan Sistem Pencernaan Terhadap Persepsi Gaya Hidup Sehat dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI-MIA Di MAN 4 Jombang berdasarkan hasi Uji Manofa didapatkan nilai F hitung > F tabel dan nilai signifikan < 0.05 yaitu hubungan antara model pembelajaran (x) dengan hasil belajar teori (y1) memberikan harga F sebesar 28.12 dengan signifikansi 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi gaya hidup sehat yang diakibatkan oleh perbedaan metode pembelajaran. Di lain pihak, hubungan antara metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) (x) dengan hasil belajar (y2) memberikan harga F sebesar 16.94 dengan signifikansi 0,00, yang signifikan pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Sigma 17208153051 sigma maula khoirunna'il
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:37
Last Modified: 25 Mar 2020 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item