Muhammad, Hafidhul Ulum (2012) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (102kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (92kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
Cover dalam dll.docx Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (16kB) |
Abstract
Seorang pemimpin dalam lingkungan madrasah menduduki jabatan struktural yang sangat penting. Sebab disamping sebagai penggerak juga berperan sebagai pengontrol segala aktivitas guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar. Pemimpin madrasah atau Kepala madrasah akan berhasil apabila mereka memahami keberadaan madrasah sebagai organisasi yang kompleks, serta mampu melaksanakan peranan kepala madrasah sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin madrasah. Keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah tercermin dalam keberhasilan menggerakkan seluruh sumber daya madrasah khususnya pendidik, sehingga lahirlah pendidik yang profesional sesuai dengan peraturan Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Undang-Undang Keguruan. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda? (2) Bagaimana tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda? (3) Apa saja faktor penghambat dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda? Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan disini bahwa: Pertama, upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah menumbuhkan kreatifitas guru, pengawasan dan kediplinan, pendelegasian (pelatihan, seminar dan lokakarya), supervisi, mengembangkan kompetensi pendidik, penyediaan sarana pendidikan, dan mengelola waktu. Kedua, tipologi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru secara umum adalah tipe demokratis. Ketiga, hambatan peningkatan profesionalisme guru adalah tentang pendanaan, sarana prasana madrasah, dan waktu. Sedangkan solusi dari kepala madrasah adalah pengadaan koperasi siswa, kooperatif dengan yayasan, pengajuan bantuan ke pemerintah atau Kementrian Agama, dan mengupayakan setiap kesempatan untuk dapat memberikan pelayanan pertemuan bagi guru. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 06:21 |
Last Modified: | 13 Apr 2015 06:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |