NOVITA FEBRIANI PAMUNGKAS, 17205153060 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI MANBA’UL ULUM BUNTARANREJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (641kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (626kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (625kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (586kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (519kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (300kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Novita Febriani Pamungkas, NIM 17205153060, Pembimbing Dr. Arina Sofia, M.Pd. Kata Kunci : Group to Group Exchange, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurang keaktifan peserta didik dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran Matematika yang dikarenakan masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan mengerjakan soal latihan sehingga mempengaruhi nilai pelajaran matematika siswa yang rata-rata masih dibawah nilai KKM. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Adakah pengaruh model pembelajaran group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa MI Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data diperoleh dari hasil nilai post test pada kelas V MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest untuk 2 pertemuan pada masing-masing kelas yaitu, kelas eksperimen adalah 87,727 dan kelas kontrol adalah 82,727 Nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan kedua varians tergolong homogen. Teknik analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa nilai ttabel (5%=2.018) < thitung (2.341) dan untuk nilai Sig.2 tailed 0.043. Nilai Sig (0.043) < 0.05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hɑ) diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran group to group exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group to group exchange (GGE) dapat dijadikan model pembelajaran bagi guru khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi statistik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153060 NOVITA FEBRIANI PAMUNGKAS |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 08:56 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 08:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14270 |
Actions (login required)
View Item |