STRATEGI ANALISIS SWOT DALAM PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG DAN KONSUMEN DI PASAR NGEMPLAK KABUPATEN TULUNGAGUNG

EGA AGUS SETYAWAN, 17402153396 (2020) STRATEGI ANALISIS SWOT DALAM PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG DAN KONSUMEN DI PASAR NGEMPLAK KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Analisis Swot dalam Pengelolaan Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang dan Konsumen di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Ega Agus Setyawan, NIM 17402153396, pembimbing Drs. Hj. Nur Aini Latifah S.E, MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan pasar modern yang ada dimana-mana. Hal ini sangat berdampak pada pasar tradisional, kelompok pedagang pasar tradisional kelompok usaha yang tak terpisahkan dari aset pembangunan nasional yang berbasis kerakyatan. Dengan adanya persaingan ini perusahaan harus bisa menyusun strategi pengelolaan dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk meminimalkan atau mencegah kelemahan dan ancaman yang mungkin terjadi di masa depan. Seperti pada pasar tradisonal Ngemplak Tulungagung strategi pengelolaan merupakan rencana yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam menghadapi persaingan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan analisis SWOT terhadap strategi pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang dan konsumen di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana strategi yang tepat untuk pengelolaan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang dan konsumen di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung? Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknis Analisis SWOT yang berisi kolaborasi antara faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Strategi pengelolaan dari analisis SWOT ada empat yakni, Strategi SO : meningkatkan renovasi dan revitalisasi dengan menggali dan mengajukan PAD yang ada di Pasar Ngemplak Tulungagung setiap tahunnya, meningkatkan dan mempertahankan kebersihan lingkungan pasar dan pelayanan guna mempertahankan pelanggan. Strategi WO : memberikan pengarahan kepada pedagang agar dapat memilah sampah dan menjaga kebersihan, kerjasama antara kantor pengelola, pedagang, dan koperasi dalam peminjaman dana modal. Strategi ST : menjaga kualitas dagangan dan kebersihan pasar serta bersaing dengan harga yang lebih murah dengan memperluas pemasok di Pasar Ngemplak Tulungagung. Strategi WT : perbaikan kepada pelaku usaha dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. (2) Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I dimana perusahaan dapat menggunakan strategi SO dalam pengelolaan pasar. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pengelolaan, Pasar Tradisional, Kepuasan Pedagang dan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153097 Ahmad Jauharul Aknana
Date Deposited: 24 Jan 2020 06:41
Last Modified: 31 Mar 2020 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14329

Actions (login required)

View Item View Item