IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDI AL MUNAWWAR

HANIK AMARIA, 17205163127 (2020) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE CARD SORT DALAM MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDI AL MUNAWWAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Card Sort Dalam Memperkuat Penguasaan Materi Pada Mata Pelajaran IPA Di SDI Al Munawwar,” yang ditulis oleh Hanik Amaria NIM. 17205163127, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Cooperatif Learning, Card Sort, Penguasaan Materi Metode cooperative learning tipe sort card dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena untuk mempermudah proses pembelajaran dalam penguasaan materi siswa. Di SDI Al Munawwar dengan menggunakan short card siswa dapat aktif dalam proses belajar dan mengghasilkan hasil belajar yang optimal. Selain itu, berkaitan metode cooperative learning tipe sort card SD Islam Al Munawwar Tulungagung memiliki kualitas pendidikan yang bagus sehingga peneliti ingin mengetahui sejauh mana guru menggunakan metode cooperative learning dan menerapkannya pada proses pembelajaran sebagai cara guru dalam meningkatkan penguasaan materi pada siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana persiapan metode cooperative learning tipe card sort dalam menguatkan penguasaan materi pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SDI AL Munawwar Tulungagung?, 2) Bagaimana penerapan metode cooperative learning tipe card sort dalam menguatkan penguasaan materi pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SDI AL Munawwar Tulungagung?, 3) Bagaimana Dampak Penerapan cooperative learning Tipe Card Sort dalam penguasaan materi pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SDI AL Munawwar Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data yang dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini, berusaha memberikan gambaran serta uraian yang bersifat deskriptif mengenai hasil penelitian mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan secara natural. Hasil penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Metode cooperative learning tipe card sort dapat menguatkan peserta didik dalam ingatan, latihan rasa percaya diri dan melatih sikap mennghargai orang lain. 2) Implementasi Metode cooperative learning tipe card sort di SDI Al Munawwar, yaitu seorang guru harus menyiapkan materi pembelajaran yang bercabang atau berkembang. Sehingga ketika dalam kagiatan belajar menggunakan kartu kartu seorang tenaga pendidik telah menguasai materi dengan baik. 3) Dampak Implementasi cooperative learning tipe card sort dampak yang diterima peserta didik dari penerapan metode cooperative learning tipe card sort, peserta didik dapat memperkuat materi khususnya pada materi mata pelajaran IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163127 HANIK AMARIA
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:59
Last Modified: 05 Feb 2020 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item