PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROUND ROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MI DARUSSALAM KOLOMAYAN II WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

ARIS ANDUNG CAHYONO, 2817133011 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROUND ROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MI DARUSSALAM KOLOMAYAN II WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

ABSTRAK Aris Andung Cahyono, NIM 2817133011 “Pengaruh Metode Pembelajaran Round Robin Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Darussalam Kolomayan II Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” yang ditulis oleh Aris Andung Cahyono ini dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci : Pengaruh Round Robin, hasil belajar. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan belajar dan minat peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Round Robin. Metode Round Robin memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam memberikan kontribusi dalam kelompok dan menerima ide dari anggota lain. Siswa harus dapat membantu temannya yang kesulitan, baik dalam menulis maupun membaca. Sehingga mereka tidak hanya berfikir bagaimana menjawab pertanyaan ketika guru bertanya tetapi juga aktif membantu dalam kelompok agar mendapat nilai yang bagus. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui ada pengaruh atau tidaknya metode pembelajaran Round Robin terhadap hasil belajar siswa kelas 2 mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Darussalam Kolomayan II Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/20182. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Round Robin terhadap hasil belajar siswa kelas 2 mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MI Darussalam Kolomayan II Wonodadi Blitar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darussalam Kolomayan II. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik quota sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes tulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) skor dari total nilai siswa sebelum di ajar menggunakan metode Round Robin adalah 72,67. Sementara itu, skor setelah di ajar menggunakan metode Round Robin adalah 82,67. Dari hasil perhitungan, bahwa T_hitung adalah 5.292. T_hitung lebih besar daripada T_tabel 2.145, dan menunjukkan signifikan pada level 0.05. (2) Besar pengaruh metode pembelajaran Round Robin dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas II MI Darussalam Kolomayan II adalah sebesar 91,9% dan tergolong tinggi. Kesimpulannya metode Round Robin efektif digunakan untuk mengajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas 2 pada tingkat sekolah dasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133011 ARIS ANDUNG CAHYONO
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:57
Last Modified: 24 Aug 2020 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item