ANDRA FAJAR SETYA, 17201163467 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Setya., Andra Fajar. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam, Pembimbing: (I) Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, Karakter, Religius. Upaya mencapai Pendidikan Agama Islam berkualitas, harus dimulai pengajaran dari guru Pendidikan Agama Islam yang berkualitas. Strategi guru pendidikan agama Islam sangatlah penting untuk menanamkan pendidikan karakter religius pada siswa. Guru sebagai suri tauladan atau panutan bagi siswa-siswanya dengan memberikan contoh perilaku yang baik sehingga bisa mencetak dan membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang baik pula. Dalam penilitian ini, adapun rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek?, 2. Bagaimana hambatan strategi guru PAI untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek ? dan 3. Bagaimana dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek, mengetahui hambatan strategi guru PAI untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek dan mengetahui dampak guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan studi kasus di SMPI Gandusari Trenggalek mengenai karakter religius yang ditanakan oleh guru kepada para siswa dan sisiwinya. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa yang pertama perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMP Islam Gandusari Kabupaten Trenggalek melalui pembuatan silabus dan RPP serta melakukan program jum’at mengaji, program dhuhur & dhuha bersama, 3S setiap pagi, Ekstrakulikuler sekolah serta Peringatan hari besar Islam. Kedua adalah hambatan hambatan dalam strategi penerapan karakter religius berupa hambatan dari dalam dan hambatan dari luar sekolah. Dan yang ketiga adalah dampak yang ditimbulkan dari penanaman karaker religius berupa dampak kepada siswa dan dampak kepada guru di SMPI Gandusari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163467 ANDRA FAJAR SETYA |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 06:55 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14603 |
Actions (login required)
View Item |