RIFA'I PRATAMA, 172514247 (2020) PROFESIONALISME GURU DALAM KOMPETENSI PEMBELAJARAN DI MI GEMAHARJO 1 KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (240kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profesionalisme Guru dalam Kompetensi Pembelajaran di MI Gemaharjo 1 Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.” ini ditulis oleh Rifa’i Pratama, NIM. 1725143247, pembimbing Dr.H. M. Arif Faizin M.Pd., NIP: 19760820050011005 Kata Kunci: Kompetensi profesional, pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemajuan zaman di era modern ini tugas guru dalam mendidik siswa semakin beragam maka dari itu seorang guru dituntut untuk profesional yaitu dengan penguasaan terhadap materi pelajaran, pemanfaatan media belajar dan juga penggunaan metode yang tepat. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru pada penguasaan materi dalam pembelajaran siswa di MI Gemaharjo I Watulimo Trenggalek? (2) Bagaimana kompetensi profesional guru pada pemanfaatan media dalam pembelajaran siswa di MI Gemaharjo I Watulimo Trenggalek? (3) Bagaimana kompetensi profesional guru pada penggunaan metode dalam pembelajaran siswa di MI Gemaharjo I Watulimo Trenggalek?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru dalam kompetensi pembelajaran melalui penguasaan materi, pemanfaatan media belajara, dan penggunaan metode belajar di MI Gemaharjo 1 Watulimo Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, profesionalisme guru dalam penguasaan materi yaitu dengan menguasai aspek kognitif dengan diadakannya kualifikasi kelulusan dan seminar serta workshop, merencanakan materi pembelajaran sesuai silabus dan RPP, serta menilai dan mengeva;uasi hasil belajar. Kedua, penguasaan terhadap media belajar dengan memilih media sesuai materi dan jenjang pendidikan. Pemilihan penafaat media menggunakan alat eloktronik yang sesuai perkembangan zaman sehingga menarik minat siswa. Ketiga, penguasaan metode pembelajaran dengan menguasai berbagai metode sehingga dalam pelaksanaan guru dapat mengko binasikan metode dengan media dan sesuai dengan materi, dan guru juga merancang metode pembelajaran dalam RPP yang disesuaikan dengan materi yan diajarkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | SPd 172514247 Rifa'i Pratama |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 13:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 13:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14629 |
Actions (login required)
View Item |