STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

SITI KHOTIJAH MUNAFIFATU RAHMAH, 17205163070 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” di tulis oleh Siti Khotijah Munafifatu Rahmah, NIM. 17205163070, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siwa di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung terutama dalam tipe gaya belajar yang diterapkan siswa. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, terlebih dahulu guru perlu mengetahui perbedaan gaya belajar siswa. Kemudian guru harus mampu menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe auditori di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe visual di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe kinestetik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menunjukkan strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe auditori di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk menunjukkan strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe visual di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk menunjukkan strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa tipe kinestetik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti harus melibatkan diri mereka sebagai instrumen. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dengan tekhnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, trianggulasi sumber, triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan paparan data dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) Strategi yang digunakan dalam menghadapi gaya belajar tipe auditori yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode kelompok. Dalam metode ceramah guru menjelaskan materi dengan menggunakan suara yang lantang dengan intonasi yang jelas agar siswa dapat menyerap informasi secara tepat. (2) Strategi yang digunakan dalam menghadapi gaya belajar tipe visual adalah dengan cara menjelaskan materi dengan menulis dipapan tulis. Hal ini karena siswa dengan gaya belajar visual lebih memahami jika diberi penjelasan berupa tulisan. Dengan menggunakan gambar, guru memiliki tujuan agar siswa dengan gaya belajar visual lebih tertarik dalam proses pembelajaran. (3) Strategi yang digunakan dalam menghadapi gaya belajar tipe kinestetik adalah dengan menyelangi pembelajaran di kelas dengan permainan. Guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi dan menggerakkan sedikit anggota tubuhnya agar siswa tidak bosan saat proses pembelajaran. Selain itu guru di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung ini mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163070 SITI KHOTIJAH MUNAFIFATU RAHMAH
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:56
Last Modified: 02 Mar 2020 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item View Item