RENI ASMAWATI, 17205163075 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/ 2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (271kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
Abstract
Model pembelajaran scramble merupakan model pembelajaran yang menekankan kerjasama dalam kelompok kecil dengan menggunakan kartu soal dan kartu jawaban. Kelebihan dari model pembelajaran scramble yaitu dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif, melatih tanggung jawab dan kerja sama dalam kelompok, serta melatih kecepatan berpikir peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 (2) Adakah pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 (3) Adakah pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 (2) Mendeskripsikan pengaruh model scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 (3) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran scramble terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. sementara sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis datanya adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 setelah diterapkannya model scramble dalam pembelajaran. Tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatussibyan, Tanjung, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2019/ 2020 setelah diterapkannya model scramble dalam pembelajaran. Sementara dokumentasi untuk mendapatkan data daftar nama peserta didik kelas VA maupun kelas VB dan kelas VI sebagai kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan positif terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS setelah model scramble diterapkan dalam pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat darihasil test of between subject effect dengan nilai sig. 0,000 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin diterapkannya model pembelajaran scramble maka semakin tinggi minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS. Sementara itu, semakin tidak diterapkannya model pembelajaran scramble maka semakin rendah minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS (2) Ada pengaruh yang signifikan positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS setelah penerapan model scramble dalam pembelajaran. hal tersebut bisa dilihat dari hasil test between subject effect dengan nilai sig. 0,000 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin diterapkannya model pembelajaran scramble maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS. Sementara itu, semakin tidak diterapkannya model pembelajaran scramble maka semakin rendah hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS (3) Ada pengaruh yang signifikan positif terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS setelah penerapan model scramble dalam pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil uji manova dengan nilai sig. 0,000 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan minat dn hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | PENGARUH M 17205163075 Reni Asmawati |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 07:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14695 |
Actions (login required)
View Item |