RISKA YULIA SAFITRI, 17205163352 (2020) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (551kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (540kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika MIN 7 Tulungagung Oleh: Riska Yulia Safitri NIM. 17205163352 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kontekstual pada mata telajaran matematika mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berfikir kriti siswa MIN 7 Tulungagung. Materi pada penelitian ini ialah Bangun Datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 7 Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 50 siswa sebagai sampel. Rumusan masalah dalam penelitian ada 3 rumusan masalah yang digunakan yakni Pertama apakah terdapat pengaruh penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MIN 7 Tulungagung? Kedua berapa besar pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika MIN 7 Tulungagung? Ketiga apakah terdapat perbedaan antara proses pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Konvesional pada siswa MIN 7 Tulungagung? Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif bersifat eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan soal sebagai metode pokok. Dimana digunakan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Teknik analisis data menggunakan uji t test dan uji effect size yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji t yang digunakan yaitu uji t test independent samples test. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata angket kelas eksperimen 89,40 dan rata-rata kelas kontrol 78,52. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 86,20 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 75. Untuk nilai uji t diperoleh thitung = 4,843 dan ttabel = 2,010 untuk taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji effect size yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 1,459 dengan persentase 93%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MIN 7 Tulungagung. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163352 Riska Yulia Safitri |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 04:32 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14727 |
Actions (login required)
View Item |