SITI NURKHOLIFAH, 17206163006 (2020) PENGARUH METODE BERNYANYI TENTANG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI TK PERMATAHATI IBU KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurkholifah, Siti. 17206163006. 2020 “ Pengaruh Metode Bernyanyi tentang Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung “ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata kunci : Metode Bernyanyi tentang Angka, Kemampuan Berhitung. Kemampuan berhitung anak yang masih kurang melatarbelakangi penelitian ini. Kemampuan berhitung pada anak merupakan hal yang penting bagi anak. Karena metode pembelajaran yang kurang efektif. Kemampuan berhitung pada anak merupakan kemampuan yang harus dikembangkan, salah satu cara mengembangkan kemampuan tersebut adalah dengan metode bernyanyi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode bernyanyi tentang angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung. Dan seberapa besar pengaruh metode bernyanyi tentang angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode bernyanyi tentang angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung dan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh metode bernyanyi tentang angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Permatahati IBU Kampungdalem Tulungagung. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara tes praktek. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji-t Paired t.test dan N-Gain Score. Dari analisis uji-t Paired t.test untuk kemampuan berhitung anak diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai nilai signifikansinya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B melalui metode bernyanyi tentang angka. Dengan nilai efektivitas N-Gain Score sebesar 60,2% pada kelompok eksperimen dan 33,1% pada kelompok kontrol. Karena nilai mean berada di rentangan pada kelompok eksperimen berada diantara 56% sampai 75% maka 60,2% dikatakan cukup efektif. Sedangkan nilai mean kelompok kontrol 33,1% lebih kecil dari 40% maka dikatakan tidak efektif. Terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 5,23 dan pada kelompok eksperimen sebesar 9,89. Karena terdapat perbedaan yang signifikan Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Karena terdapat perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan metode bernyanyi tentang angka dilihat dari hasil kemampuan berhitung anak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163006 SITI NURKHOLIFAH |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 03:56 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14931 |
Actions (login required)
View Item |