PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG

MUFIDAHATUL KHUSNA, 17208163077 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Mufidahatul Khusna, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 17208163077, dibimbing oleh Dr. Eni setyowati. S. Pd., M. M. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing (guide inquiry), keterampilan proses sains, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh potensi keterampilan proses sains yang dimiliki siswa belum tampak jelas dan siswa belum terlibat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Model pembelajaran yang sering guru gunakan adalah model pembelajaran langsung (konvensional) atau berpusat pada guru (teacher center) yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga berpengaruh. Selain itu juga dilatar belakangi dari pemnggunaan sarana prasarana laboratorium IPA sebagai media pembelajaran yang belum maksimal. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guide inquiry) sebagai altelnatif untuk masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. (4) Mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan bentuk desain posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung, dengan pengampilan sampel jenis Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas control. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes (post-test) dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Uji T-test, Uji Manova dan Uji Korelasi melalui bantuan aplikasi SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Serta didukung dari hasil observasi keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 68,3 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean 37,92. Serta nilai tertinggi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 78 dan pada kelas kontrol sebesar 56. (2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu juga didukung dari hasil belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 86,89 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean 79,63. Serta nilai tertinggi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 100 dan pada kelas kontrol sebesar 90. (3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide Inquiry) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai signifikansi Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root adalah 0,000 < 0,05. (4) Ada hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa, ditunjukkan dari nilai sig. keterampilan proses sains adalah 0,00 < 0,05 dan nilai sig. hasil belajar 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guide inquiry) dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mufida hatul Khusna 17208163077
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:38
Last Modified: 02 Jun 2021 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item