Khoirin, Naharoh (2012) Penggunaan Media Visual Kartun Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (23kB) |
|
Text
halaman depan nyicil.docx Download (116kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (75kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (89kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Visual Kartun, Hasil Belajar IPS Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di MI/SD. Mata pelajaran ini dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bagi siswa, karena cakupan materi yang sangat luas dan siswa dituntut lebih menghafal isi materi–materi pelajarannya, sehingga mata pelajaran ini kurang menarik, monoton, dan kurang bervariasi jika hanya ceramah saja. Selain faktor di atas, ada beberapa faktor penghambat atau penghalang yaitu hambatan psikologis, seperti minat, sikap, pendapat, pengetahuan. Dan hambatan fisik seperti kelelahan dan sakit yang dapat menyebabkan materi yang di sampaikan tidak dapat tersalurkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media visual kartun untuk meninggkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana hasil penggunaan media visual kartun untuk meninggkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mendiskripsikan penggunaan media visual kartun untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2011/2012? (2) Mendiskripsikan hasil penggunaan media visual kartun untuk meninggkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2011/2012? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalamn serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus PTK. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas III MI Miftahul Huda pada semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah observasi, wawancara, metode tes, dan dokumentasi. Selanjunya data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar pada pre test, siklus I, siklus II. Rata-rata yang diperoleh siswa pada pre test adalah 54 naik menjadi 74,05 pada siklus I dan naik menjadi 81 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual kartun dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2015 08:44 |
Last Modified: | 08 May 2015 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
View Item |