DIAN ASTRIANA, 17205163035 (2020) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dian Astriana, 17205163035, Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran ILmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik Berbasis Multimedia Interaktif, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penunjang media dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasikan bahwa penelitian ini dilakukan karena adanya suatu masalah yakni: (1) kurangnya pengetahuan guru mengenai multimedia pembelajaran interaktif untuk menunjang pembelajaran khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, (2) kurang menariknya guru dalam melakukan sebuah pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas khususnya dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, (3) dan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi ilmu pengetahua alam yang berakibat pada hasil belajar siswa kurang baik. Melalui pendekatan saintifik dengan berbasis multimedia interaktif ini diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan berminat dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam dan mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Sesuai dengan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (2) Adakah pengaruh pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (3) Adakah pengaruh pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan sampel yang diambil adalah siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol dan V-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes (post-test) sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan uji Manova dengan uji validitas dan reliabilitas sebagai uji instrumen dan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan rata-rata angket kelas eksperimen diperoleh sebesar 76,91 dan perhitungan uji manova untuk minat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen diperoleh sebesar 77,73 dan perhitungan uji manova untuk hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk minat dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (3) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis multimedia interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | DIAN ASTRIANA 17205163035 |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 08:00 |
Last Modified: | 06 May 2021 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15782 |
Actions (login required)
View Item |