MOHAMMAD ROYAN MARZUKI, 17205153169 (2019) PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK MULIA SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (414kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (420kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Mulia Siswa di MIN 11 Blitar” ditulis oleh Mohammad Royan Marzuki, NIM 17205153169, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, 2019. Dosen Pembimbing: Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis M.Ag Kata kunci: Peran Guru, Peningkatan Akhlak Mulia Fokus penelitian (1) Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 11 Blitar? (2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak sebagai Fasilitator, Pembimbing, Motivator, dan Komunikator dalam meningkatkan akhlak mulia siswa MIN 11 Blitar? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak mulia siswa MIN 11 Blitar? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dengan subyek penelitian Kepala MIN 11 Blitar, Guru Akidah Akhlak MIN 11 Blitar, 11 Siswa kelasV MIN 11 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, model data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian (1) pembelajaran Akidah Akhlak kelas V dilakukan di dalam dan luar kelas. (2) Peran guru Akidah Akhlak adalah sebagai fasilitator seperti mengomando, sebagai pembimbing mendampingi dan mengrahkan siswa, sebagai motivator guru mendorong dan mendukung, serta sebagai komunikator guru bersikap terbuka. (3) Faktor pendukungnya adalah latar belakang siswa yang mayoritas berasal dari keluarga santri, fasilitas madrasah yang memadai, adanya ّdukungan dari semua pihak, antusias siswa dalam mengikuti program madrasah yang berkaitan dengan peningkatan akhlak mulia siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pihak madrasah tidak bisa memantau akhlak siswa ketika berada di rumah, asumsi yang salah dari sebagian pihak wali siswa yang menyerahkan sepenuhnya kepada pihak madrasah untuk meningkatkan akhlak siswa, lingkungan bermain siswa yang tidak mendukung ketika berada di luar madrasah, dan ada beberapa siswa yang selalu mengulang pelanggaran yang sama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Skripsi Mohammad Royan Marzuki 17205153169 |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 04:20 |
Last Modified: | 06 May 2021 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15947 |
Actions (login required)
View Item |