KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI MTsN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

LIDYA ISTI’ANAH, 17204163113 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI MTsN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (550kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan soal SPLDV ditinjau dari Gaya Kognitif di MTsN 2 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Lidya Isti’anah, NIM. 17204163113, pembimbing Beni Asyhar, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Deduktif, Gaya Kognitif, SPLDV Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa kemampuan penalaran deduktif siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Kemampuan penalaran deduktif sangat dibutuhkan untuk mencapai hasil belajar yang baik dalam pembelajaran matematika. Semakin tinggi tingkat penalaran siswa semakin tinggi juga tingkat keberhasilan belajar matematika siswa. Gaya kognitif adalah karakteristik atau cara khas siswa dalam memperoleh, menyusun, dan menggunakan informasi untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan. Penting bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif siswa kelas VIII dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal SPLDV di MTsN 2 Blitar, 2)untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif siswa kelas VIII dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal SPLDV di MTsN 2 Blitar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas VIII MTsN 2 Blitar dengan gaya kognitif field dependent dan 2 siswa kelas VIII MTsN 2 Blitar dengan gaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penalaran deduktif siswa dengan gaya kognitif field dependent umumunya kurang mampu mencapai semua indikator penalaran deduktif yaitu hanya mampu menemukan pola tanpa membuat penarikan kesimpulan sedangkan 2) penalaran deduktif siswa dengan gaya kognitif field independent mampu mencapai semua indikator penalaran deduktif yaitu mampu membuat pernyataan umum, mampu menemukan pola dan menerapkan pola tersebut, dan mampu membuat penarikan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LIDYA ISTI’ANAH 17204163113
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:44
Last Modified: 31 May 2021 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item