STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI AL HIKMAH SUMBERINGIN SANANKULON BLITAR

LUTFIA DEVI MEYNA SARI, 17205163117 (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI AL HIKMAH SUMBERINGIN SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar” ini ditulis oleh Lutfia Devi Meyna Sari, NIM. 17205163117, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembentukan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi bahwa era sekarang terjadi krisis moral. Hal ini menjadi penting dalam suatu lembaga pendidikan selain mendidik kognitif juga harus mendidik dan membina akhlak untuk mempersiapkan siswa hidup dalam masyrakat ke depan yang semakin krisis moral. Karakter religius sebagai dasar pondasi akidah dalam diri anak, karakter disiplin sebagai pendorong tumbuhnya karakter baik lainnya, sedangkan karakter mandiri sebagai dasar penting untuk bekal dewasa. Ketiga pokok karakter ini harus dibentuk dalam diri siswa sejak usia dasar melalui proses dan strategi yang dilakukan oleh guru disuatu lembaga. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter mandiri siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, sajian data, verifikasi dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar melalui: pembiasaan budaya silaturrahim kepada masyarakat sekitar madrasah, pembiasaan budaya shalat berjamaah, pembiasaan budaya mengamalkan amalan Nahdliyin, pembiasaan budaya amal, pembiasaan pembacaan doa, pembiasaan budaya mengaji, pembiasaan budaya 5S (sopan, santun, saliman, sapa, salam). (2) Strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar melalui: jadwal piket yang sudah ditetapkan sesuai aturan, pembiasaan budaya apel dan upacara, pembiasaan berpakaian sopan, rapi dan lengkap, pembiasaan penyelesaian tugas tepat waktu. (3) Strategi guru dalam pembentukan karakter mandiri siswa di MI Al Hikmah Sumberingin Sanankulon Blitar melalui: pembiasaan hal-hal kecil (menata sepatu, mukena, dan Al Quran ke tempat yang disediakan setelah selesai dipakai tanpa diingatkan guru), pembiasaan melatih siswa untuk berinisiatif dan mencari solusi, ekstrakulikuler pramuka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: LUTFIA DEVI MEYNA SARI 17205163117
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:36
Last Modified: 06 May 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item