MUKAROMAH, 17205163030 (2020) PENGARUH MEDIA FILM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IV DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (328kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Film terhadap Minat dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mukaromah, NIM 17205163030, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Media Film, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi sejarah yang berorientasi pada hafalan. Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan proses belajar mengajar menjadi monoton. Hal ini berdampak pula pada rendahnya kemauan siswa dalam belajar dan keaktifan siswa rendah. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menerapkan media pembelajaran yang bervariatif dan sesuai dengan materi sehingga minat belajar siswa tumbuh dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh media film terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan? 2) Adakah pengaruh media film terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan? 3) Adakah pengaruh media film terhadap minat dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh profil sekolah dan foto kegiatan di kelas IV sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media film dengan minat belajar SKI. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t-test untuk minat belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H a diterima, sehingga ada pengaruh antara media film dengan minat belajar siswa. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media film dengan hasil belajar SKI. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,003. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara media film dengan hasil belajar siswa. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media film dengan minat dan hasil belajar SKI. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk minat dan hasil belajar SKI diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara media film dengan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | MUKAROMAH 17205163030 |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 02:05 |
Last Modified: | 06 May 2021 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16022 |
Actions (login required)
View Item |