PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

ROHMAH RAHAYU NINGRUM, 17201163229 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis Al- Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Rohmah Rahayu Ningrum NIM. 17201163229. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Menulis Al-Qur’an, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman pendidikan agama Islam pada siswa dan juga pola asuh orang tua terhadap penanaman tentang agama dan juga di dukung oleh lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Hal tersebut mengakibatkan anak menjadi kesulitan dalam membaca dan memahami kata perkata dalam ayat Al-Qur’an selain itu anak juga mengalami kesulitan dalam merangkai huruf hijaiyah. Padahal Al Qur’an sebagai Wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad merupakan Kitab suci sekaligus pedoman hidup bagi umat beragama Islam. Hal ini menjadi lebih spesifik lagi ketika kita melihat banyak output lembaga madrasah yang kurang kompeten dalam hal ini. Jika kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an mempunyai kualitas yang baik maka hal ini juga akan berpengaruh pada hasil belajar Al Qur’an hadits yang merupakan mata pelajaran Pendidikan Agama yang membahas aspek Al Qur’an dan hadits. Dengan demikian upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk menghadapi permasalahan yang seperti itu yakni dengan diadakannya program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan juga kegiatan rutin membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Rumusan Masalah pada penulisan skripsi ini adalah Adakah pengaruh antara kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung ?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. 2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. 3) untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca dan kemampuan menulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survey (Survey Research). Dalam pengambilan sampel menggunakan Stratified Proporsionate Random Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh t hitung 6.225 > nilai t tabel 1994 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yaitu H0 ditolak dan H1 diterima karena Ada pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Tulungagung. Selanjutnya t hitung 5.096 > nilai t tabel 1.994 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yaitu H0 ditolak dan H1 diterima, karena Ada pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh kemampuan menulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Tulungagung. Dan yang terakhir Fhitung 30,186 > nilai F tabel 3,13 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yaitu Ho ditolak dan H3 diterima, karena Ada pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ROHMAH RAHAYU NINGRUM 17201163229
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:21
Last Modified: 07 May 2021 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item View Item