PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

APRILIA NANDA RINI, 17204163218 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Aprilia Nanda Rini, NIM 17204163218, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pengetahuan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Masalah Kontekstual, Minat Belajar, Hasil Belajar, Lingkaran. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap minat dan hasil belajar siswa materi lingkaran kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika dikelas yang masih cenderung didominansi oleh guru, dan belum melibatkan siswa secara aktif, serta penggunaan model pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional, sehingga berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampelnya adalah kelas VIII H yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII I yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa 1) tes 2) angket 3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa, dan soal tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,003. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data dengan diperoleh nilai signifikan 0,000. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis masalah kontekstual terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data hasil uji statistik untuk Pillai’s Trace, wilk’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: APRILIA NANDA RINI 17204163218
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:12
Last Modified: 31 May 2021 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16081

Actions (login required)

View Item View Item