LULUK NUR HIDAYAH JATI KUSUMA, 12506174038 (2019) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Studi Multisitus MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Berbasis Media Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik (Studi Multisitus di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Luluk Nur Hidayah Jati Kusuma dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Zaini, S. Ag, M. Pd. I Kata Kunci : Pembelajaran SKI, Media Gambar, Pemahaman Peserta Didik Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi atas permasalahan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang dirasa monoton dan membosankan serta sulit dipahami karena guru tidak menggunakan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus dapat mendesain dan menyajikan perangkat atau media pembelajaran dengan semenarik mungkin agar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi pembelajaran khususnya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini berfokus pada desain, kegiatan serta evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis gambar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. Pertanyaan penelitian tersebut adalah: 1) bagaimana desain pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis gambar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. 2) bagaimana kegiatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis gambar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. 3) bagaimana evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis gambar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs Darissulaimaniyah Kamulan Trenggalek dan MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisiapan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi (teknik dan sumber). Model analisis data meliputi analisis masing- masing situs dan lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempelajari materi dan mengembangkannya, menyiapkan media pembelajaran berbasis gambar yang tepat. (2) melaksanakan proses pembelajaran yang sudah di rancang dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup tiga tahap, yaitu tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) menggunakan evaluasi formatif dan sumatif, pada tahap evaluasi dari mulai ulangan harian sampai Penilaian Tengah Semester nilainya cukup meningkat secara signifikan atau di atas Kriteria Kompetensi Minimum.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Luluk Nur Hidayah Jati Kusuma 12506174038 |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 05:18 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16092 |
Actions (login required)
View Item |