PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL

NURUL HIDAYAH, 17209163017 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol”, ini ditulih oleh Nurul Hidayah, NIM 17209163017, dosen pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS peserta didik rendah dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah pembelajaran yang hanya diisi dengan ceramah membuat siswa mudah bosan dalam pembelajaran sehingga suasana kelas kurang kondusif. Siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa juga kurang kreatif dalam mengungkapkan ide yang telah di dapat dalam pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan dengan model pembelajaran mind mapping. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pengguna model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol ? (2) seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dengan model pembelajaran mind mapping sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrument yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII-G sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 24 siswa dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode posttest uji t-test. Dan penghitungan effect size dengan rumus Cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelian menunjukkan bahwa ; (1) ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung = 6,715 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,678 sehingga nilai nilai thitung > ttabel, (2) besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar sebesar 97,1% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: NURUL HIDAYAH 17209163017
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:26
Last Modified: 02 Jun 2021 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16099

Actions (login required)

View Item View Item