Qoni'ah, Siti (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri [skripsi]

Siti Qoni'ah, qonik (2015) Qoni'ah, Siti (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri [skripsi]. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI. QONIK.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Qoni’ah. (2015), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pokok Bahasan mengenal Allah dengan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul Husna (Al Muhyii, Al Mumiit, dan Al Baqii) siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar Latar belakang penelitian: Hasil pengamatan observasi awal yang ditemukan, ada beberapa kendala dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Astar: 1) Siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran aqidah karena guru menggunakan model pembelajaran konvensional (hafalan, penugasan dan tanya jawab); 2) Nilai siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak masih di bawah kriteria ketuntasan minimum; 3) suasana kelas tergolong ramai; 4) guru lebih menggunakan model yang sangat tradisional sekali yaitu model konvensional atau ceramah dan juga model hafalan. Karena dianggap model ini merupakan model yang tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, guru tidak mempertimbangkan apakah siswa paham dengan materinya sehingga nilai aqidah akhlak masih banyak yang di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu di bawah 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match Pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan mengenal allah dengan sifat - sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna (Al Muhyii, Al Mumiit, dan Al Baqii), 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan “mengenal Allah dengan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna” (Al Muhyii, Al Mumiit, dan Al Baqii) dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada: 1) Bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Astar, Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam perbaikan dan peningkatan mutu pengajaran Aqidah Akhlak di kelas. 2) Bagi kepala Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Astar, Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar pengambilan kebijaksanaan dalam hal proses belajar mengajar. 3) Bagi peneliti lain, bagi penulis yang mengadakan penelitian sejenis, hasil penelitian dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang pengembangan model make a match dalam pembelajaran di sekolah. 4) Bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, Sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan buat mahasiswa lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan aktifitas guru, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Penerapan model make a match yaitu langkah awal guru menyampaikan materi, Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen, Guru membagikan kartu secara acak kemudian siswa mencari pasangan kartu yang cocok, setelah siswa menemukan pasangan kartunya mereka maju kedepan untuk membacakan soal dan jawaban. Penghitungan Skor. Pengumuman juara kelompok. Guru memberikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil Pre Test, Post Test Siklus I, Post Test Siklus II. Dengan nilai rata-rata Pre Test 59, 39 (17, 85%), Post Test Siklus I 82,21 (64, 28%), Post Test Siklus II 85,10 (92,85%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan meodel pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Qonik Siti Maesaroh
Date Deposited: 30 Jul 2015 03:48
Last Modified: 30 Jul 2015 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item