BETY NURIL LAILY, 17205163346 (2020) PENGARUH GAYA MENGAJAR KLASIK DAN GAYA MENGAJAR TEKNOLOGIS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS 4 DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bety Nuril Laily, 17205163346, Pengaruh Gaya Mengajar Klasik dan gaya Mengajar Teknologis terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas 4 di MIN 11 Blitar, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M.Pd. I Kata Kunci: Gaya Mengajar Klasik dan gaya Mengajar Teknologis, Keaktifan Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kurangnya keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran SKI. Dimana setiap guru memiliki gaya mengajar yang berbeda. Dengan gaya berbeda akan menimbulkan berbagai respon siswa khususnya pada guru yang menggunakan gaya mengajar kurang sesuai dengan materi yang disampaikan, guru yang menggunakan gaya mengajar monoton, kurang variatif dalam menyampaikan materi, akan menciptakan suasana bosan, siswa yang kurang focus saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar. Hal tersebut tentunya berkaitan erat dengan bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Dengan gaya mengajar yang berbeda tentunya menghasilkan hasil yang berbeda pula yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa yang mengunakan Gaya mengajar Klasik dan Gaya mengajar Teknologis pada mata pelajaran SKI, kelas 4 di MIN 11 Blitar.. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian semu (quasi experimental) dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 MIN 11 Blitar dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas 4-A dan 4-B. Instrumen penelitian menggunakan angket sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas sebagai uji instrument dan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap keaktifan belajar antara gaya mengajar klasik dan gaya mengajar teknologis yang ditunjukkan pada tabel bahwa thitung = 0,110 > ttabel = 1,611. Dari perhitungan tersebut mendapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gaya mengajar klasik dan dan gaya mengajar teknologis terhadap keaktifan belajar belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas 4 di MIN 11 Blitar. Berdasarkan perhitungan nilai effect size (d) = 0,289 interpretasi pada tabel cohen's menyatakan pengaruh sebesar 0,2<d<0,8 hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pengaruh perbedaan gaya mengajar klasik dan gaya mengajar teknologis terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas 4 di MIN 11 Blitar tergolong menengah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | BETY NURIL LAILY 17205163346 |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 01:36 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16149 |
Actions (login required)
View Item |