PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DINAR ROHANA SAFUTRI, 17205163188 (2020) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Dinar Rohana Safutri, NIM. 17205163188, Dosen Pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Sukap Sosial, Sopan Santun, Peduli Lingkungan, Tematik Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa sikap sosial anak bangsa saat ini tidak sesuai dengan tujuan Pendidikan sikap, banyak masalah yang terjadi akibat rendahnya sikap anak. Faktor yang menyebabkan lemahnya sikap sosial anak bangsa adalah kurangnya pembelajaran sikap pada anak-anak, kurang perhatian dari orang tua dan guru. Maka dari itu penanaman sikap sosial sangat diperlukan dalam dunia Pendidikan. Salah satunya melalui pendidikan yaitu pembelajaran Tematik. Pembelajaran Tematik mengandung Kompetensi Inti salah satunya sikap sosial yang harus dicapai oleh peserta didik maupun guru. Berangkat dari hal tersebut penulis tertarik untuk mengangakat judul Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana guru dalam penanaman sikap sosial sopan santun melalui pembelajaran Tematik pada siswa MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana guru dalam penanaman sikap sosial peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik pada siswa MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ? (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam penanaman sikap sosial sopan santun dan peduli lingkungan melalui pembelajaran Tematik pada siswa MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka-angka. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari manusia, kegiatan belajar mengajar, dan arsip-arsip sekolah. Tehnik analisis data melalui tiga cara yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman sikap sopan santun yang dilakukan guru di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir sudah baik. Strategi penanaman sikap sopan santun yang dilakukan guru di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir dengan memberikan pengertian kepada peserta didik, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan contoh perilaku, memberi motivasi ataupun nasehat dan melakukan pembiasaan. Bentuk sikap sopan santun yang dimiliki siswa berupa bertutur kata yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua, tidak berkata kotor, keluar masuk ruangan mengucapkan salam, menundukkan badan ketika berjalan di depan orang yang lebih tua dan berjabat tangan dengan guru saat bertemu. (2) Strategi penanamansikap peduli lingkungan yang dilakukan guru di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir dengan memberikan pengertian kepada peserta didik, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan contoh perilaku, memberi motivasi ataupun nasehat, dan melakukan pembiasaan. Bentuk peduli lingkungan yang dimiliki siswa berupa mengerjakan piket harian, membersihkan lingkungan kelas, menyiram tanaman setiap pagi dan membuang sampah pada tempatnya. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan sikap sopan santun dan peduli lingkungan secara umum hampir sama, faktor pendukung dan penghambatnya antara lain seperti dari diri siswa sendiri, latar belakang keluarga, ekonomi, lingkungan masyarakat, kemajuan teknologi dan pengaruh teman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DINAR ROHANA SAFUTRI 17205163188
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:04
Last Modified: 04 Sep 2020 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item View Item