NUNUNG ANGGRAINI, 17402163081 (2020) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PASAR WARUJAYENG NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Pasar Warujayeng Nganjuk” yang ditulis oleh Nunung Anggraini , NIM. 17402163081, Pembimbing Dr. Muhamad Aswad, M.A. Perilaku yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam sering kali dilakukan oleh para pedagang. Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis atau pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Pasar Warujayeng Nganjuk sebagai objek karena peneliti melihat secara langsung para pedagang di Pasar Warujayeng Nganjuk melakukan beberapa kecurangan dalam melakukan aktivitas perdagangan, seperti menyembunyikan cacat barang, ada yang menawarkan barang secara berlebihan dengan memuji-mujinya, sistem pembentukan harga di pasar Warujayeng bergerak secara alami yaitu sesuai dengan permintaan dan penawaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana pemahaman etika bisnis Islam para pedagang pasar tradisional Warujayeng Nganjuk?, (2) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Pasar Warujayeng Nganjuk?, (3) Apa saja hambatan yang di hadapi para pedagang Pasar Warujayeng Nganjuk dalam pengimplentasian etika bisnis Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) paparan data, dan 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pemahaman etika bisnis Islam para pedagang Pasar Warujayeng Nganjuk disimpulkan para pedagang dalam menjalankan bisnisnya telah memahami pentingnya sifat jujur dan memahami etika bisnis Islam. 2) Implementasi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang meneladani lima prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggungjawaban, dan kebajikan, bentuk perilakunya yaitu berupa menyertakan niat ibadah dalam berdagang, tidak melupakan sholat wajib, bersedekah, tidak menyembunyikan cacat barang, adil dalam takaran, merespon dengan baik apabila ada pembeli yang komplain, bersikap ramah, dan memberikan tenggang waktu pembayaran. Namun, sebagian perliaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu mengabaikan waktu sholat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, menyembunyikan cacat barang, dan menawarkan dengan harga yang tinggi. 3) Hambatan yang dihadapi pedagang dalam pengimplementasian etika bisnis Islam yaitu, persaingan tidak sehat, komplain pembeli, dan ada beberapa pedagang yang belum mengetahui prinsip etika bisnis Islam sepenuhnya. Kata Kunci : Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nunung Anggraini 17402163081 |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 07:40 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16197 |
Actions (login required)
View Item |