STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RIKA NUR ANIDA, 17205163145 (2020) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (560kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

xvii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rika Nur Anida, NIM. 17205163145 yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata-Kata Kunci : Strategi guru, Gaya belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki gaya belajar nya masing-masing dalam menyerap atau memahmai informasi yang disampaikan, yang erat kaitan nya dengan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru pemiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Seorang guru harus memiliki strategi karena dengan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan guru dapat membuat siswa semakin bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembembelajaran. Tentunya strategi yang digunakan guru harus memperhatikan kondisi siswa termasuk gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa, baik gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Dengan adanya strategi pembelajaran kegiatan pembelajaran akan terlaksana secara efektif dan efisien, sehingga tujuan yang telah ditetapkan akan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam menghadapi gaya belajar kinestetik siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam menghadapi gaya belajar visual siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung (4) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi guru kelas dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan riview informan. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa, (1) Siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung memiliki gaya belajar yang berbeda, diantaranya yaitu gaya belajar visual yang lebih mengutamakan indera penglihatan, dan gaya belajar yang paling dominan adalah gaya belajar kinestetik yang mengandalkan indera gerak dalam menangkap informasi yang disampaikan. (2) Strategi yang dilakukan guru dalam menghadapi gaya belajar kinestetik yakni guru menyajikan materi dengan adanya kerja kelompok dan praktikum pada mata pelajaran tertentu yang memerlukan adanya praktikum. (3) Dalam menghadapi gaya belajar visual siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung guru menggunakan berbagai strategi dalam menyanpaikan materi pembelajaran yaitu seperti menampilkan gambargambar, menggunakan media berupa benda-benda yang ada di sekitar siswa, meminta siswa untuk mebaca materi yang terdapat di buku siswa atau LKS, dan menuliskan inti dari materi yang disampaikan di papan tulis. (4) Faktor pendukung diantaranya yaitu siswa yang selalu bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru yang memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran, kondisi sekolah yang kondusif untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan foktor penghambat nya yaitu bukan hal yang mudah untuk mengetahui gaya belajar dari setiap peserta didik, apalagi siswa belum mengatahui gaya belajar yang dimiliki nya, terkadang guru masih kesulitan untuk menyiapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk menghadapi gaya belajar siswa, kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RIKA NUR ANIDA 17205163145
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:29
Last Modified: 10 Sep 2020 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16358

Actions (login required)

View Item View Item