ELLEN VISTA SYAHARA, 17402163144 (2020) ANALISIS PERSAINGAN USAHA DI PASAR SAMBI KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Analisis Persaingan Usaha Di Pasar Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam” yang ditulis oleh Ellen Vista Syahara, NIM.17402163144. Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Dalam Al-Quran menjelaskan istilah bisnis adalah al-tijarah dan dalam bahasa arab tijaraha, berawal dari kata dasar t-j-r, tajara, tajranwatijarata, yang bermakna berdagang atau berniaga. Salah satu tempat berlangsungnya kegiatan usaha atau bisnis ini adalah pasar. Pasar merupakan tempat penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan suatu transaksi. Dalam kegiataan ini seringkali terjadi persaingan antar pedagang dalam mempertahankan posisi usaha dan peluang pasar. Persaingan dalam dunia usaha sendiri mengindikasikan sebuah upaya dalam mendapatkan keuntungan di suatu mekanisme pasar. Namun nyatanya, persaingan yang begitu tinggi acapkali menyebabkan para pelaku bisnis menggunakan segala cara untuk memperoleh keuntungan, bahkan seringkali para pelaku bisnis menggabaikan etika bisnis yang berlaku dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komperhensif serta tuntas tentang penerapan etika bisnis yang diterapkan oleh para pedagang yang ada di Pasar Sambi terutama pedagang daging, ayam dan pakaian. Kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan penerapan prinsip etika bisnis Islam yang dilakukan oleh ketiga pedagang apakah memenuhi 8 indikatornya. Faktor yang digunakan untuk menganalisis dampak penerapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis perusahaan adalah implikasi sistem etika bisnis Islam yaitu tauhid, kehendak bebas, keseimbangan, tanggung jawab, dan kebajikan. Kemudian indikator yang digunakan disini adalah, indikator jujur dalam takaran atau timbangan, indikator menjual barang yang halal, indikator tidak menyembunyikan cacat barang, indikator tidak melakukan sumpah palsu, indikator selalu murah hati, indikator tidak menyaingi penjual lain, indikator tidak memasukkan unsur riba dan indikator mengeluarkan zakat apabila telah sampai nisab dan haulnya . Jenis penelitian yang akan digunakan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Data primer didapatkan melalui metode wawancara atau bersumber langsung dari para pedagang dan konsumen, sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari objek penelitian, yaitu dari pihak lain yang mempunyai informasi data yang diperlukan dan berhubungan dengan objek penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif peneliti mencoba untuk mendeskriptifkan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dari ketiga jenis pedagang yang ada masih belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis Islam dilihat dari 8 indikator yang rata-rata hanya memenuhi 4 indikator. Kata Kunci: Pasar, Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Skripsi 17402163144 Ellen vista syahara |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 01:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 01:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16395 |
Actions (login required)
View Item |