PENGARUH MEDIA APLIKASI RUANGGURU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR

DEWI ZULAIKAH, 17209163011 (2020) PENGARUH MEDIA APLIKASI RUANGGURU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Aplikasi Ruangguru sebagai Sumber Belajar IPS terhadap Hasil Belajar siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Dewi Zulaikah, NIM. 17209163011 . Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, M.Pd, Kata Kunci: Media Aplikasi Ruangguru, Sumber Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan media aplikasi ruangguru sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar. kajian ini dilatar belakangi oleh teori Nindi Silvia Rahma bahwa media aplikasi ruangguru merupakan salah satu bentuk pola pendidikan dalam menyikapi revolusi indutri 4.0 dengan memanfaatkan smarthphone/gadget sebagai media pendidikan yang berbasis aplikasi ruangguru. Aplikasi ruangguru merupakan aplikasi berbasis digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta penggunaannya yang mudah dan membantu dalam pembelajaran yang belum dipahami. Oleh karena itu untuk meningkatkan ketertarikan, semangat dan hasil belajar pada pelajaran IPS peneliti mengujikan media aplikasi ruanguru di MTsN 1 Blitar. Pemilihan MTsN 1 Blitar sebagai fokus penelitian adalah karena berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa guru IPS di MTsN 1 Blitar masih menggunakan media konvensional dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Adakah perbedaan yang signifikan penggunaan media aplikasi ruanguru sebagai sumber belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Blitar?, 2) Adakah pengaruh positif dan signifikan penggunaan media aplikasi ruangguru sebagai sumber belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Blitar?, 3) Adakah pengaruh positif dan signifikan penggunaan media ruangguru sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Blitar?.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design), teknik sampling menggunakan tehnik pertimbangan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan Two Way Anova, yang sebelumnya diuji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil uji t-test post tes sumber belajar diperoleh nilai rata-rata (mean) yang berasal dari kelas eksperimen 94,70 dan rata-rata (mean) kelas kontrol 78,17. Jadi nilai rata-rata kelas eksperimen (menggunakan media) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol (pembelajaran konvensional) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang positif dan signifikan penggunaan media aplikasi ruangguru sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar, 2) Hasil uji t-test hasil belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media aplikasi ruangguru sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar, 3) Hasil uji Two Way Anova post test hasil belajar dan angket motivasi belajar diperoleh nilai Sig < 0,00 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media aplikasi ruangguru sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika media aplikasi Ruangguru digunakan, maka hasil belajar siswa dan ketertarikan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial akan meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163011 DEWI ZULAIKAH
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:30
Last Modified: 25 Sep 2020 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item