ILMA MUFIDATUL HUSNA, 17208163032 (2020) PENGARUH OPTIMALISASI LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (485kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Optimalisasi Laboratorium terhadap Kemampuan Psikomotorik dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Mufidatul Husna, NIM. 17208163032, pembimbing Ainun Nikmati Laily, M.Si. Kata Kunci: Laboratorium, Kemampuan Psikomotorik, Hasil Belajar Kognitif. Laboratorium memiliki peranan penting dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik. Dengan mengoptimalkan laboratorium dengan baik maka akan membantu proses pembelajaran IPA agar dapat berjalan dengan maksimal dan dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik dan hasil belajar kognitif siswa. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan kegiatan pembelajaran di laboratorium sebagai alternatif untuk mengoptimalisasikan laboratorium yang kurang berjalan efektif dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh optimalisasi laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik siswa, (2) pengaruh optimalisasi laboratorium terhadap hasil belajar kognitif siswa, (3) pengaruh optimalisasi laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik dan hasil belajar kognitif siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan bentuk desain nonequivaent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Raudlatul Musthofa, dengan pengampilan sampel jenis Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes (post-test) dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Uji T-test, dan Uji Manova melalui bantuan aplikasi SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) ada pengaruh signifikan optimalisasi laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik siswa diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Serta didukung dari hasil observasi kemampuan psikomotorik siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 26,84 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean 19,12 serta nilai tertinggi kemampuan psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 35 dan pada kelas kontrol sebesar 29. (2) ada pengaruh signifikan optimalisasi laboratorium terhadap hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu juga didukung dari hasil belajar siswa kelas eksperimen yang memiliki mean sebesar 82,00 sedangkan pada kelas kontrol memiliki mean 76,56 serta nilai tertinggi post-test kelas eksperimen sebesar 95 dan pada kelas kontrol sebesar 85. (3) ada pengaruh signifikan optimalisasi laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik dan hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai signifikansi Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root adalah 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan dengan adanya optimalisasi laboratorium dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan psikomotorik dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | S.Pd 17208163032 ILMA MUFIDATUL HUSNA |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 07:40 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16450 |
Actions (login required)
View Item |