SILVINO VITASARI, 17205163288 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Silvino Vitasari, 1720513288, 2020 Skripsi “Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Mochamad Arif Faizin,M.Ag Kata Kunci: Program Tahfidz, Pembentukan Karakter. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya membentuk karakter siswa pada saat ini, terutama melalui pendidikan agama. Pendidikan agama ada bermacam – macam salah satunya dengan menenerapkan program tahfidz di sekolah. Adanya program tersebut maka siswa akan dibiasakan membaca, menghafal serta mengamlakan ayat suci Al – Qur’an, dengan begitu sikap reigius siswa akan bertambah dan dapat menciptakan karakter yang lebih baik. Fokus penelitian (1) Bagaimana metode penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter pada siswa di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. (2) Bagaimana penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter siswa di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergemol Tulungagung. (3) Bagaimana hasil belajar penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter siswa di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunaka triangulasi, meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter siswa yaitu : pertama menggunakan metode Talaqqi dan yang kedua menggunakan metode Muraja’ah. (2) penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter siswa yaitu : pertama pembukaan : do’a pembuka kegiatan, kedua kegiatan inti : pemberian materi hafalan dan menyetorkan hafalan, ketiga penutup : do’a penutup kegiatan (3) bagaimana hasil belajar penerapan pembelajaran tahfidz dalam pembentukan karakter siswa seperti, disiplin waktu, mencerminkan sikap reigius serta tanggung jawab menyelesaikan tugas
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163288 SILVINO VITASARI |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 06:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16744 |
Actions (login required)
View Item |