IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

IMRO’ATUL JANNAH, 17205163165 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

xvi ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Imro’atul Jannah, NIM. 17205163165, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Mind Mapping, dan Kreativitas Peserta Didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya kreativitas peserta didik dalam proses belajar karena merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dan menghasilkan kelas yang menyenangkan untuk peserta didik. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana kreativitas peserta didik dalam menggunakan model mind mapping. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model mind mapping untuk mengekpresikan kreativitas siswa di SDI Al Hidayah?, (2) Bagaimana implementasi model mind mapping untuk mengaktualisasikan kreativitas siswa di SDI Al Hidayah?, (3) Bagaimana implementasi model mind mapping dalam mempresentasikan hasil kreativitas siswa di SDI Al Hidayah?. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan terkait kreativitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa peserta didik di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung memiliki kreativitas yang beragam dalam menggunakan model mind mapping begitupun dengan para guru yang sangat kreatif dalam setiap pembelajaran yang di ajarkan yang sangat membantu peserta didik untuk mengekpresikan kreativitasnya, berupa: (a) Model mind mapping bias digunakan untuk melihat potensi anak-anak agar tujuan pembelajaran dapat di capai. (b) Bukan hanya peserta didik tetapi gurupun bertindak kreatif dengan memberikan stimulus berupa tepuk tangan. (c) Bebas berkreasi membantu peserta didik menuangkan kreativitasnya. (2) implementasi model mind mapping untuk mengaktualisasikan kreativitas siswa di SDI Al Hidayah berupa : (a) Guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim emosional yang sehat diantara peserta didik. (b) Guru memberikan ice breaking tetapi tetap dengan pembelajaran, (c) Dengan mengaktualisasikan kreativitas peserta didik mewakilkan keinginan tercurahkan dan dapat menggunakan kemampuan versi terbaik yang ada di dirinya. (3) Implementasi model mind mapping dalammempresentasikan hasil kreativitas siswa berupa : (a) Saat peserta didik mampu menjelaskan, guru menerapkan metode Tanya jawab dengan memberikan reward berupa pujian. (b) Dengan menggunakan model mind mapping dapat memacu pemahaman dan semangat belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163165 IMRO’ATUL JANNAH
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:50
Last Modified: 08 Oct 2020 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16828

Actions (login required)

View Item View Item