PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI-IIS MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

YULIANA, 17204163050 (2020) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI-IIS MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI-IIS MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Yuliana, NIM. 17204163050, pembimbing Samsul Bakri, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci: Problem Solving, Self-confidence, Barisan dan Deret Aritmatika Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya siswa dalam menerima pembelajaran khususnya matematika. Hal ini disebabkan oleh minat yang dimiliki siswa cenderung rendah, dengan rendahnya minat siswa akan berakibat pada hasil belajar yang semakin menurun. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan pendekatan yang menarik misalnya problem solving. Pendekatan yang berfokus pada penyelesaian masalah ini memberikan kesempatan siswa untuk bisa lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya sehingga menumbuhkan rasa percaya diri siswa serta semangat dalam belajar terutama pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujan 1) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem solving terhadap self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh self-confidence dalam pembeajaran matematika Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Paired Sample t test dan N-Gain Score. Paired Sample t-test digunakan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem solving terhadap self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun uji N-Gain Score digunakan untuk menguji seberapa besar pengaruh self-confidence terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh pendekatan problem solving terhadap self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.04. 2). Besar pengaruh self confidence dalam pembelajaran matematika 57.59%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163050 YULIANA2
Date Deposited: 09 Oct 2020 04:48
Last Modified: 09 Oct 2020 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item View Item