PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KESADARAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QURAN HADIS PESERTA DIDIK MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

SALMA SALSABILA, 17201163194 (2020) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KESADARAN BERIBADAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QURAN HADIS PESERTA DIDIK MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat dari kualitas peserta didik dalam pembelajarannya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks. Beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap peserta didik adalah dari ranah keluarga dan ranah spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara peran orang tua dan kesadaran beribadah terhadap prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah yang digunakan yaitu : 1) Adakah pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik, 2) Adakah pengaruh kesadaran beribadah terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik, 3) Adakah pengaruh peran orang tua dan kesadaran beribadah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik. xix Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan jenis penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MA At-Thohiriyah yang berjumlah 105 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik yang didapat dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data variabel peran orang tua dan kesadaran beribadah menggunakan angket dan variabel prestasi belajar menggunakan dokumen berupa nilai rapor semester ganjil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Uji prasyarat (Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Heteroskedastisitas) dan analisis regresi berganda (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik dengan nilai thitung 4,605 > ttabel 2,06866 dan nilai sig. 0,000 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh kesadaran beribadah terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik dengan nilai thitung 2,148 > ttabel 2,06866 dan nilai sig. 0,000 < 0,43, 3) Terdapat pengaruh peran orang tua dan kesadaran beribadah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik dengan nilai Fhitung 40,633 > Ftabel 3,40.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163194 SALMA SALSABILA
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:19
Last Modified: 14 Oct 2020 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16887

Actions (login required)

View Item View Item