IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

NIKA RAHMA AFIFATUL, 17201163237 (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Nika Rahma Afifatul, NIM. 17201163237, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas. Oleh karena itu diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jika manajemen kelas dalam proses pembelajaran terlaksana dengan baik maka peserta didik akan semakin faham mengenai materi yang disampaikan yang akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MTsN 2 Tulungagung. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses implementasi manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses implementasi manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hambatan manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung (3) Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Tehnik Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun tehnik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu (1)perpanjang keikutsertaan (2) Triangulasi yaitu Triangulasi metode dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Tulungagung dilakukan dengan perencanaan manajemen kelas yang dilakukan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, pelaksanaan manajemen kelas dilakukan dengan pengorganisaian xii kelas secara fisik dan non fisik, serta kegiatan akhir manajemen kelas dilakukan dengan mengadakan evaluasi berupa tes lisan maupun tes tulis. (2) Hambatan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Tulungagung berasal dari faktor ekstern dari keluarga siswa dan faktor intern yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. (3) Cara untuk Mengatasi Hambatan Manajemen Kelas dalamMeningkatkan Kualitas Pembelajarn Fiqih di MTsN 2 Tulungagung yang dilakukan oleh guru fiqih yaitu melakukan pendekatan dan pembinaan kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163237 NIKA RAHMA AFIFATUL
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:32
Last Modified: 22 Oct 2020 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item