PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

EMMA RISKY NURLUCYANA, 17205163088 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

ABSTRAK Emma Risky Nurlucyana. 17205163088. Pengaruh Penggunaan Media Pop up Book terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Pembimbing Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M. Ag, Kata Kunci: Media Pembelajaran Pop-up Book, Motivasi, Hasil Belajar Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran dan ada yang menggunakan media konvensional (gambar), media kurang menarik mengakibatkan siswa hanya melihat gambar saja dan tidak ada keterlibatan media pembelajaran dengan siswa sehingga siswa menjadi pasif. Kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa yaitu media pembeljajaran Pop up Book. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 2) adakah pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, dan 3) adakah pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran pop-up book ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) penggunaan media pembelajaran pop-up book ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) penggunaan media pembelajaran pop-up book ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop-up Book berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163088 EMMA RISKY NURLUCYANA
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:30
Last Modified: 26 Oct 2020 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item