NUR RUBIYANA MAULA DANA, 17205163081 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (875kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SKRIPSI dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Nur Rubiyana Maula Dana, NIM 17205163081, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto., S.Or., S.Kom., M.Pd. AIFO Kata Kunci: Mind Mapping, Picture and Picture, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena sebagian besar peserta didik menganggap bahwa IPA merupakan pelajaran yang sulit, dan dalam penyampaian materi masih berpusat pada guru sehingga peserta didik mudah bosan dan jenuh. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada hasil belajar peserta didik sedangkan faktor yang dapat menjunjang keberhasilan pembelajaran salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran. Metode yang digunakan harus bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran penting untuk penguasaan terhadap materi, sehingga salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran pembelajaran mind mapping dan picture and picture. Mind mapping merupakan cara mencatat dengan kreatif dan aktif yang menggunakan garis lengkung, simbol, kata dan gambar dengan satu rangkaian. Sedangkan dengan menggunakan picture and picture pesert didik akan belajar lebih efektif, inovatif dan kreatif dengan proses pembelajaran menggunakan banyak gambar dengan mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh mind mapping terhadap hasil hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh picture and picture terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yang terdiri dari 30 siswa. Variable bebas: metode pembelajaran mind mapping dan metode pembelajaran picture and picture. Variable terikat: hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas, normalitas, Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS for Windows 21.0 Hasil penelitian menjunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh mind mapping terhadap hasil hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji T. data pada taraf interval 5% menunjukan bahwa nilai Sig. = 0,000 dimana nilai Sig. < 0,05, maka disimpulkan bahwa H1 diterima. (2) Ada pengaruh picture and picture terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163081 NUR RUBIYANA MAULA DANA |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 01:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 01:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17108 |
Actions (login required)
View Item |