PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOKHAMAD MUHSIN, 17204163023 (2020) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagng” ini ditulis oleh Mokhamad Muhsin NIM. 17204163023. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman konseptual, Pemahaman prosedural, Pemecahan masalah, Tahapan polya, Sistem persamaan linear dua variabl (SPLDV). Dalam dunia Pendidikan, memahami konsep matematika merupakan suatu hal mendasar yang harus dikuasai siswa. Sehingga guru harus bisa menanamkan konsep dasar yang kuat supaya siswa benar-benar memahami matematika secara runtut. Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep dan prosedur dalam menyelesaikan masalah matematika terutama berasal dari siswa itu sendiri. Hal ini diakibatkan kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda dan juga penyampaian materi yang kurang bisa diterima oleh siswa. Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel berdasarkan tahapan Polya siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal dengan baik sesuai tahapan Polya, mulai dari memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana dan mengevaluasi jawaban sehingga memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan prosedural. Siswa dengan kemampuan sedang mampu menyelesaikan soal dengan baik, tetapi masih ada subjek yang belum mampu membuat perencanaan dan melaksanakan rencana dengan baik sehingga hanya memenuhi beberapa indikator pemahaman konseptual dan prosedural. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan baik sesuai tahapan Polya, yaitu tidak mampu memahami masalah, tidak mampu membuat perencanaan penyelesaian masalah, tidak melaksanakan rencana dan tidak mampu mengevaluasi jawaban sehingga tidak memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan prosedural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163023 MOKHAMAD MUHSIN
Date Deposited: 30 Nov 2020 01:49
Last Modified: 30 Nov 2020 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item