PENGARUH PENDEKATAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN JAMBEWANGI SELOPURO BLITAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dian indri, dian (2015) PENGARUH PENDEKATAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN JAMBEWANGI SELOPURO BLITAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB II, 2007.docx

Download (197kB)
[img] Text
BAB III, 2007.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
COVER, 2007.docx

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2007.docx

Download (14kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.docx

Download (159kB)
[img] Text
Soal Tes.doc

Download (103kB)
[img] Text
Tabel t & r.doc

Download (316kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pendekatan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015”, ini ditulis oleh Dian Indri Astuti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Scaffolding, Matematika, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran di kelas masih mengikuti ritme pengajaran pada tahun-tahun sebelumnya yaitu menggunakan metode tradisional tanpa menggunakan strategi, metode, dan teknik yang tidak banyak melibatkan siswa, dengan kata lain menggunakan metode tradisional. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Matematika di sekolah, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, metode, dan teknik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar baik secara mental fisik, maupun sosial. Salah satu alternative pemecahan masalahnya adalah guru menggunakan pendekatan scaffolding sehingga siswa semakin lama semakin bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri. Scaffolding berarti memberikan kepada siswa berupa bantuan selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada siswa tersebut mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar segera setelah mampu mengerjakan sendiri. Bantuan yang diberikan guru dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, menguraikan masalah ke dalam bentuk lain yang memungkinkan siswa dapat mandiri, Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana langkah-langkah pendekatan Scaffolding dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Adakah pengaruh pendekatan Scaffolding dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan uji T-tes. Hasil penelitiannya adalah 1) Langkah-langkah pendekatan Scaffolding dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah pembelajaran dengan tahap-tahap sebagai berikut: Tahap awal, meliputi mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam, doa dan absensi. Kegiatan apersepsi dan Memberi motivasi kepada siswa. Tahap inti dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) mengecek harapan, kebutuhan, pengetahuan, dan pengalaman siswa serta Menentukan ZPD dengan membagi siswa dalam kelompok, b) Membagi kelompok siswa menurut ZPD (Zone Proximal Development) secara acak sehingga menjadi beberapa kelompok diskusi yang terdiri dari 4-5 siswa dan memberikan lembar soal diskusi kelompok. c) Dengan soal tentang al Jabar yang telah diberikan, guru mengarahkan siswa untuk menyelesaikannya dengan cara yang baru dijelaskan dengan menggunakan metode scaffolding, d) Guru berperan sebagai fasilitator sekaligus motivator dan memberikan pengarahan agar siswa yang kemampuanya tinggi membantu siswa yang berkemampuanya kurang dalam kelompoknya. e) Meminta salah satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja diskusinya tentang al jabar dengan catatan jika nanti perwakilan kelompok yang maju tidak mampu menjawab pertanyaan dari siswa yang bertanya, maka anggota kelompok yang lain harus membantu. f) Bersama siswa mengambil kesimpulan tentang penyelesaian soal diskusi yang dianggap benar. Tahap penutup. Setelah materi disampikan dan pembelajaran menggunakan pendekatan scaffolding selesai maka peneliti memberikan tugas untuk mengerjakan soal – soal yang ada di LKS untuk dikerjakan dirumah. dilanjutkan guru menutup pelajaran dan doa kemudian salam. 2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan Scaffolding dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015, yang dibuktikan dari yang diperoleh dari t hitung 6.414 > dari ttabel 1.666, dan hasil Sig. adalah 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < taraf nyata (= 0,05).yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dian Indri Dian Farid
Date Deposited: 21 Sep 2015 02:01
Last Modified: 21 Sep 2015 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item