PENERAPAN STRATEGI DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG

SARIROH, RIFNGATUS (2015) PENERAPAN STRATEGI DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Rifngatus Sariroh dan dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, MM. Kata kunci: direct instruction, belajar, IPA, energi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan belajar mengajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah lebih sering diartikan sebagai pendidik menjelaskan materi pelajaran dan siswa mendengarkan secara pasif, sehingga materi yang disampaikan oleh pendidik kurang bermakna dalam diri siswa dan tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Menanggapi permasalahan tersebut maka diperluhkan strategi pembelajaran yang baik dimana dapat menumbuhkan ide atau gagasan siswa. Pembelajaran IPA harusnya dapat menimbulkan gairah belajar, kreativitas serta keaktifan, menanamkan kepercayaan diri, dan rasa tanggung jawab siswa terhadap pelajaran yang ditekuninya. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat memicu semangat siswa untuk aktif ikut terlibat dalam pembelajaran adalah Direct Instruction. Sehingga, diharapkan dengan penerapan strategi Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Direct Instruction pada pelajaran IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas II MI Roudlotul ulum Jabalsari Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Direct Instruction pada pelajaran IPA materi energi dan perubahannya siswa kelas II MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung? Tujuan dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan strategi Direct Instruction pada pelajaran IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas II di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung, (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Direct Instruction pada pelajaran IPA materi energi dan perubahannya kelas II di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian didapatkan fakta-fakta bahwa penerapan strategi Direct Instruction adalah peneliti menjelaskan terlebih dahulu tujuan pembelajaran dan menyiapkan siswa kemudian mendemonstrasikan materi yang dipelajari sekaligus memberikan pemahaman terhadap materi tersebut. Selanjutnya, peneliti membagi siswa dalam kelompok untuk melakukan praktek sederhana tenang materi energi dan perubahannya kemudian meminta salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya, sesudah itu peneliti memberikan tambahan pemahaman tentang materi energi dan perubahannya. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari post tes siklus satu ke post tes siklus dua yaitu hasil belajar siswa pre tes dengan nilai rata-rata 91,8 (96%) dan post tes dengan nilai rata-rata 92,42 (100%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas II MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RIFNGATUS SARIROH
Date Deposited: 10 Sep 2015 02:07
Last Modified: 10 Sep 2015 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item