BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU BERDASARKAN GENDER MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG

IDA RISKIANA DEWI, 17204163209 (2020) BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU BERDASARKAN GENDER MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Berdasarkan Gender Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Tulungagung ” ini ditulis oleh Ida Riskiana Dewi. Nomor induk mahasiswa 17204163209. Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh,M. Kes., Ph.D. Kata kunci: Berpikir Kritis, Soal HOTS, Gender. Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang sangat penting dalam cabang ilmu matematika. Pada dasarnya dalam menyelesaikan permasalahan matematika siswa di tuntut untuk berpikir, oleh karena itu kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan, seperti di jelaskan pada makna kemampuan berpikir kritis sendiri, yakni berpikir kritis merupakan kemampuan akal pikiran untuk menganalisa, mengidentifikasi, mengevaluasi serta mengambil keputusan untuk penarikan kesimpulan terhadap apa yang di yakini. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam menyelesaikan soal matematika dalam soal Type HOTS, karena soal matematika type HOTS membutuhkan kemampuan lebih untuk menterjemahkanya terlebih dahulu kedalam bentuk matematika. Kemamampuan berpikir setiap individu tentunya berbeda-beda baik individu satu dengan individu lainya, sehingga harus adanya perhatian khusus untuk mengantarkan anak didik mencapai keberhasilan dalam menempuh pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS materi Teorema Pythagoras kelas VIII Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Tulungagung, dan (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal HOTS materi Teorema Pythagoras kelas VIII Madrasah Tsanawiah Negeri2 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiah Negeri 2 Tulungagung. Obyek penelitian kelas VIII Byang berjumlah 35 siswa dengan subjek 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki . Data diperoleh dari hasil observasi, tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (1) siswa perempuan dalam menyelesaiakan soal HOTS materi Teorema Pythagoras, mampu memenuhi 4 indikator dari 4 indikator berpikir kritis yaitu memahami maksud dari soal dan mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar, (2) siswa laki- laki dalam menyelesaiakan soal HOTS materi Teorema Pythagoras, hanya mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator berpikir kritis yaitu hanya memahami dan mengetahui maksud dari soal

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163209 IDA RISKIANA DEWI
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:54
Last Modified: 27 Apr 2021 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item