EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII DI DUSUN SELOJENENG DESA SUMBERDADI KECAMATAN SUMBERGEMPOL

TRI YUNIASIH, 17306163011 (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII DI DUSUN SELOJENENG DESA SUMBERDADI KECAMATAN SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul "Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di Dusun Selojeneng Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol" yang ditulis oleh Tri Yuniasih, dengan NIM 17306163011, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci : Konseling kelompok realita, motivasi belajar, kelas VIII Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar yang tinggi dimiliki oleh siswa. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa sebagain besar siswa memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Hal ini menyebabkan siswa tidap dapat memanfaatkan kemampuannya secara optimal dalam melakukan suatu kegiatan sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Siswa cenderung mengabaikan betapa pentingnya motivasi belajar yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di dusun Selojeneng Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol, 2) untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di Dusun Selojeneng Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol. Pendekatan yang digunkaan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group design pretest posttest. Desain penelitian ini tidak memiliki kelompok pembanding, sehingga peneliti hanya membandingkan hasil pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di Dusun Selojeneng. Pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII di Dusun Selojeneng dengan jumah 31 siswa. Subjek penelitian berjumlah 7 orang yang diambil dari skor angket motivasi belajar dengan kategori rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik parametris uji paired sample t test dengan menggunakaan aplikasi SPSS Statistic 20. Dari hasil data diketahui tingkat motivasi belajar dari 31 siswa adalah 35,5% menunjukkan 11 siswa dalam kategori tinggi, 41,9% menunjukkan 13 siswa dalam kategori sedang, dan 22,6% menunjukkan 7 siswa dalam kategori rendah. Siswa dengan kategori rendah diberikan treatment yaitu konseling kelompok realita. Untuk mengetahui keefektifan layanan yang telah diberikan, dilakukan uji Ngain score untuk mengetahuinya. Berdasarkan uji tersebut, diketahui hasil keefektifannya sebesar 0,77 nilai ini masuk dalam kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok realita efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163011 Tri Yuniasih
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:49
Last Modified: 29 Apr 2021 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17579

Actions (login required)

View Item View Item